SUKSESKAN MASA DEPAN..!!!!

SUKSESKAN MASA DEPAN..!!! DENGAN MENCINTAI ALAM....

Aku menyuarakan mu.....

SELAMAT DATANG GUNUNG, AKU KEMBALI. MEMENUHI JANJI YANG TERUCAP DI HATI

HARI LISTRIK NASIONAL

HARI LISTRIK NASIONAL

Visitor

Flag Counter

Kamis, 17 Januari 2013

UAS BELAJAR DAN PEMBELAJARAN GEOGRAFI

UJIAN AKHIR SEMESTER

BELAJAR PEMBELAJARAN GEOGRAFI


Pertanyaan:

1. Sebutkan dan jelaskan 5 peran guru dalm proses pembelajaran.
Jawab:

1) Guru sebagai Konservator (pemelihara) sistem nilai yang merupakan sumber norma kedewasaan;

2) Guru sebagai Inovator (pengembang) sistem nilai ilmu pengetahuan;

3) Guru sebagai Transmitor (penerus) sistem-sistem nilai tersebut kepada peserta didik;

4) Guru sebagai Transformator (penerjemah) sistem-sistem nilai tersebut melalui penjelmaan dalam pribadinya dan perilakunya, dalam proses interaksi dengan sasaran didik;

5) Guru sebagai Organisator (penyelenggara) terciptanya proses edukatif yang dapat dipertanggung jawabkan, baik secara formal (kepada pihak yang mengangkat dan menugaskannya) maupun secara moral (kepada sasaran didik, serta Tuhan yang menciptakannya).

Sedangkan dalam pengertian pendidikan yang terbatas, Abin Syamsuddin dengan mengutip pemikiran Gage dan Berliner, mengemukakan peran guru dalam proses pembelajaran peserta didik, yang mencakup :

a) Guru sebagai perencana (planner) yang harus mempersiapkan apa yang akan dilakukan di dalam proses belajar mengajar (pre-teaching problems).;

b) Guru sebagai pelaksana (organizer), yang harus dapat menciptakan situasi, memimpin, merangsang, menggerakkan, dan mengarahkan kegiatan belajar mengajar sesuai dengan rencana, di mana ia bertindak sebagai orang sumber (resource person), konsultan kepemimpinan yang bijaksana dalam arti demokratik & humanistik (manusiawi) selama proses berlangsung (during teaching problems).

c) Guru sebagai penilai (evaluator) yang harus mengumpulkan, menganalisa, menafsirkan dan akhirnya harus memberikan pertimbangan (judgement), atas tingkat keberhasilan proses pembelajaran, berdasarkan kriteria yang ditetapkan, baik mengenai aspek keefektifan prosesnya maupun kualifikasi produknya.



2. Sebutkan dan jelaskan 7 keterampilan dasar mengajar yang harus dikuasai oleh guru.

Jawab:

1) keterampilan bertanya yang mensyaratkan guru harus menguasai teknik mengajukan pertanyaan yang cerdas, baik keterampilan bertanya dasar maupun keterampilan bertanya lanjut.

2) Keterampilan memberikan penguatan, keterampilan satu ini sangat diperlukan oleh seorang guru karena dengan keterampilan ini dapat meningkatkan perhatian dalam belajar, membangkitkan dan memelihara perilaku, meningkatkan rasa percaya diri bagi siswanya. Teknik dalam pemberian penguatan ini dapat berupa verbal maupun nonverbal. Penguatan verbal, diungkapkan dengan menggunakan kata-kata pujian, penghargaan, persetujuan dan sebagainya. Dan penguatan non-verbal, terdiri dari penguatan berupa mimik dan gerakan badan, penguatan dengan cara mendekati, penguatan dengan sentuhan (kontak), penguatan dengan kegiatan yang menyenangkan.

3) Keterampilan melakukan variasi, keterampilan ini sangat dibutuhkan oleh seorang guru agar dalam proses belajar mengajar siswa tidak merasakan jenuh karena metode yang digunakan oleh gurunya hanya itu-itu saja, sehingga perhatian siswa pun tidak akan buyar jika guru mampu mengadakan variasi dalam proses belajar mengajar. Komponen-komponen Keterampilan Mengadakan Variasi Keterampilan mengadakan variasi terdiri dari tiga kelompok pokok, yaitu; Variasi dalam cara/gaya mengajar guru, Variasi dalam penggunaan media dan alat pengajaran, Variasi pola interaksi dan kegiatan siswa.

4) Keterampilan menjelaskan yaitu, penyajian informasi secara lisan yang diorganisasikan secara sistematik untuk menunjukkan adanya hubungan yang satu dengan yang lainnya.

5) Keterampilan memimpin diskusi kelompok kecil, dengan adanya diskusi kelompok kecil memungkinkan bagi siswa dapat menguasai suatu konsep atau memecahkan suatu masalah melalui satu proses yang memberi kesempatan untuk berpikir, berinteraksi sosial, serta berlatih bersikap positif. Dengan demikian diskusi kelompok dapat meningkatkan kreativitas siswa, serta membina kemampuan berkomunikasi termasuk di dalamnya ketrampilan berbahasa.

6) Keterampilan mengelola kelas, di sini guru dituntut untuk dapat menciptakan, memelihara kondisi belajar yang optimal dan mengembalikannya bila terjadi gangguan dalam proses belajar mengajar.Guru harus dapat mengambil inisiatif ketika terjadi gangguan dalam kelas, agar kelas dapat kembali kekeadaan semula.

7) Keterampilan membuka dan menutup pelajaran.

1) Membuka pelajaran, ketika membuka pelajaran kalimat-kalimat awal yang diucapkan guru merupakan penentu keberhasilan jalannya seluruh pelajaran. Tercapainya tujuan pengajaran bergantung pada metode mengajar guru di awal pelajaran. Ketika membuka pelajaran guru haruslah dapat menarik perhatian siswanya dan dapat memberikan motivasi kepada siswa agar belajarnya semangat.

2) Menutup pelajaran, ketika menutup pelajaran seorang guru tidak boleh menutup pelajaran dengan tergesa-gesa. Dalam menutup pelajaran guru harus dapat menyimpulkan materi yang telah disampaikan, selain itu guru dapat menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya, agar siswa dapat mencari referensi terlebih dahulu sebelum mengikuti kegiatan pembelajaran.

3. Sebutkan standar kompetensi guru mata pelajaran geografi dalam bentuk table.

Jawab:




4. a. Apakah apresiasi?..

Jawab:

Apresiasi yaitu menyampaikan tujuan pembelajaran yang bertujuan untuk memotifasi peseerta didik dengan memberi penjelasan tentang pentingnya mempelajari materi. penghargaan atau penilaian terhadap sesuatu. Jika dikaitkan dengan proses belajar mengajar dapat diartikan pula sebagai suatu penghargaan atau penilaian kepada siswa yang telah melakukan sesuatu, entah itu mengerjakan tugasnya dengan baik, menjawab pertanyaan yang diajukan oleh guru dengan benar dan lain sebagainya. Apresiasi ini dapat berupa pujian, hadiah atau penghargaan lainnya yang diberikan guru terhadap muridnya.



b. Sebutkan 2 cara guru yang dapat dilakukan guru dalam apresiasi.

Jawab:

1) Penciptaan Kondisi Awal Pembelajaran
Proses pembelajaran terpadu akan berhasil dengan baik apabila guru sejak awal dapat mengkondisikan kegiatan belajar secara efektif. Upaya yang perlu dilakukan untuk mewujudkan kondisi awal pembelajaran yang efektif tersebut misalnya: Mengecek atau memeriksa kehadiran siswa (presence, attendance).

2) Memberi Acuan Dalam kaitan dengan kegiatan awal pembelajaran, memberi acuan diartikan sebagai upaya guru dalam menyampaikan secara spesifik dan singkat gambaran umum tentang hal-hal yang akan dipelajari dan kegiatan yang akan ditempuh selama pembelajaran berlangsung. Kegiatan yang dapat dilakukan guru dalam memberi acuan

5. a. Apakah yang dimaksud kegiatan penyimpulan pada kegiatan penutup pembelajaran?

Jawab:

Kegiatan penyimpulan adalah kegiatan yang terdapat pada akhir pembelajaran. Dalam kegiatan penyimpulan ini guru dan peserta didik dapat melakukan refleksi dan menyimpulkan pembelajaran yang telah dilakukan. Tujuan penyimpulan dalam penutup pembelajaran ini agar siswa memiliki pemahaman yang mantap terhadap materi pembelajaran yang baru saja dipelajari.

b.Berikan 2 contoh kegiatan guru memfasilitasi siswa membuat penyimpulan materi pembelajaran

Jawab:

- Guru dapat melakukan refleksi bersama siswa agar materi yang telah disampaikan dapat dipahami dan siswa dapat menyimpulkan materi yang baru saja dipelajarinya.

- Guru menyampaikan materi dengan baik juga dapat pula dijadikan salah satu cara agar siswa dapat menyimpulkan materi yang telah disampaikan oleh gurunya.

6. a. Apakah yang dimaksud refleksi pembelajaran?

Jawab:

Refleksi pembelajaran adalah cara berpikir yang baru dipelajarinya (siswa) atau berpikir kebelakang tentang apa-apa yang sudah dilakukan atau dipelajari di masa lalu. Refleksi pembelajaran merupakan respons terhadap aktivitas atau pengetahuan dan keterampilan yang baru diterima dari proses pembelajaran. Peserta didik dituntut untuk mengedepankan apa yang baru dipelajarinya sebagai struktur pengetahuan dan keterampilan yang baru sebagai wujud pengayaan atau revisi dari pengetahuan dan keterampilan sebelumnya. Pada akhir proses pembelajaran sebaiknya guru menyisakan waktu agar peserta didik melakukan refleksi, yang diwujudkan dalam bentuk:

· Pernyataan langsung peserta didik tentang pelajaran apa yang diperoleh hari itu;

· Jurnal belajar di buku pribadi peserta didik;

· Kesan dan saran peserta didik mengenai pembelajaran hari itu.

b. Apakah yang dimaksud tindak lanjut terhadap refleksi?

Jawab:

Tindak lanjut terhadap refleksi yaitu sebuah kegiatan yang harus dilakukan oleh seorang guru setelah melakukan refleksi. Tindak lanjut ini dapat dilakukan jika hasil refleksi ini masih memiliki kekurangan. Tindak lanjut refleksi sama halnya dengan revisi terhadap kinerja guru. Tindak lanjut ini dapat dijadikan acuan pada pembelajaran berikutnya agar pembelajaran berikutnya lebih baik lagi.

c. Sebutkan 5 produk dari tindak lanjut?

1) Memberikan tugas atau latihan kepada peserta didik.

2) Membahas kembali materi yang belum dimengerti oleh siswa.

3) Membaca materi dari berbagai sumber, agar lebih kaya wawasan dan pengetahuannya.

4) Memberitahukan topik bahasan yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya.

5) Memberikan motivasi dan bimbingan kepada para siswanya.