SUKSESKAN MASA DEPAN..!!!!

SUKSESKAN MASA DEPAN..!!! DENGAN MENCINTAI ALAM....

Aku menyuarakan mu.....

SELAMAT DATANG GUNUNG, AKU KEMBALI. MEMENUHI JANJI YANG TERUCAP DI HATI

HARI LISTRIK NASIONAL

HARI LISTRIK NASIONAL

Visitor

Flag Counter

Sabtu, 22 September 2012

Misteri Gunung Mahameru



Misteri Gunung Mahameru 3696 MDPL 



Gunung Mahameru menyimpan segelintir misteri yang belum terungkap oleh diri ku. Pada tanggal 25 mei 2012 yang lalu. Kami berlima melakukan pendakian gunung mahameru setelah praktikum kerja lapangan jurusan pendidikan geografi. Kami berlima sedikit nekad melakukan pendakian gunung tertinggi di pulau jawa itu. Perlengkapan dan konsumsi yang kami bawa pun seadanya. 

Kami memulai pendakian dari pos Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) sekitar jam 10 pagi. Banyak cerita dan obrolan ke sana-sini tentang perjalanan menuju danau Ranu kumbolo. Kami sampai ke danau Ranu kumbolo sekitar jam 3 sore tanggal 25 mei 2012. Kami mendirikan camp dipinggir danau ranu kumbolo. Besok paginya tanggal 26 mei 2012 kami melakukan perjalanan menuju camp 2 yaitu kalimati. Di kalimati kami mendirikan tenda untuk menyimpan semua perlengkapan kami. 

Pukul 00.30 tanggal 27 mei 2012 kami melakukan pendakian menuju Puncak Gunung Mahameru. Ketika sampai di Arcopodo kami mencari sepasang arca yang berada di ketinggian 3002 mdpl. Tapi kami tidak menemukannya, kami melanjutkan perjalanan menuju puncak gunung mahameru itu. Kami sampai di puncak gunung mahameru pukul 05.45 tanggal 27 mei 2012. Setelah kami menikmati pemandangan di puncak gunung tertinggi di pulau jawa itu. Kami turun ke bawah pukul 07.00, kami masih penasaran tentang sepasang Arca di pos Arcopodo itu. Apa dan di manakah Arcopodo? Setiap pendaki yang berhasil mencapai Puncak Mahameru sudah pasti akan melewati Pos Arcopodo. Arcopodo dalam bahasa Jawa Kuno berarti Archa = arca Padha = tempat, merupakan sepasang arca tertinggi di Pulau Jawa yang terletak pada ketinggian 3002m dpl. Namun anda pasti akan kecewa ketika tidak mendapati sepasang arca tersebut di Pos Arcopodo, karena memang letaknya tidak di pos tersebut. Setelah dipublikasikan oleh Almarhum Norman Edwin, keberadaan sepasang arca ini seolah tenggelam dalam cerita-cerita para pendaki Gunung Semeru. 

Sepasang Arca di Pos Arcopodo

Arca kiri

Arca Kanan

Bertahun-tahun keberadaan arca ini menjadi misteri di kalangan pendaki. ekspedisi menggali kearifan masyarakat lokal dalam menyikapi aktifitas kerak bumi yang terus bergerak dan tidak jarang menimbulkan bencana. Cincin api (ring of fire) merupakan istilah untuk menyebut daerah yang sering mengalami gempa bumi dan letusan gunung berapi yang mengelilingi cekungan Samudera Pasifik, sehingga sering disebut Cincin Api Pasifik. Daerah ini berbentuk seperti tapal kuda dan mencakup wilayah sepanjang 40.000 km.

Dimanakah arca ini berada..? saya pun belum menemukannya. Rasa penasaran pun datang kepada diri saya. Dan perasaan saya dan teman-teman pun hampir serupa, ketika kami naik ke puncak melewati pos arcopodo ini terasa cepat. Namun ketika kami turun ke bawah terasa lama melewati pos arcopodo. Misteri yang masih tersimpan di setiap pendakian Gunung Mahameru ini. 



Tolong share/Comment artikel ini Ya,.,, 

Berjayalah Negeri Ku,...Baca Juga artikel yang satu ini ya...>>> http://thinksugestion.blogspot.com/2012/07/geografi-upi-on-top-of-mount-semeru.html